Kamis, 01 November 2007

Smartphone Ringkas dari Nokia


Kalau bicara tentang smartphone, kita pasti langsung terbayang sama fitur dan kemampuannya. Bisa ini nggak ? Punya itu nggak ? Hampir semua orang bertanya gitu kalau bicara soal smartphone. Memang sih itu nggak salah, secara namanya juga handphone pintar, sudah pasti punya kemampuan dan fitur yang komplit donk. Tapi pernah nggak mempertimbangkan sisi desain waktu memilih smartphone ? Jarangkan, pasti pilih fitur dulu baru bodi. Bodi smartphone yang kebanyakan sudah beredar di pasaran kebanyakan besar yang merupakan imbas dari kelengkapan fiturnya. Nggak aneh kalau smartphone identik dengan bodi besar dan berat.
Padahal nggak semua begitu lho... ada vendor-vendor yang menciptakan smartphone dengan bodi ramping nan gaya, salah satunya adalah Nokia yang baru saja meluncurkan Nokia 6120 Classic. Walaupun kata Classic melekat di namanya, desain 6120 Classic sama sekali nggak mirip dengan produk jadul Nokia 6120. Meski gitu kata Classic sepertinya mencerminkan apa yang diterapkan di bodi handphone ini yaitu desain candybar dan warna hitam-silver.
Bahan pembalut bodi 6120 Classic terbuat dari plastik dengan efek glossy, kecuali bagian rangkanya. Meski terlihat mewah, nggak bisa dipungkiri akibat yang meski kita tanggung dari warna glossy ini adalah banyaknya bekas sidik jari yang menempel di permukaan handphone, terutama di bagian layar dan belakang. Dengan tebal hanya 15 mm, handphone ini hanya kalah oleh Nokia E61 di jajaran Nokia S60, tapi E61 punya bodi yang lebih lebar dari 6120 Classic. Berat 6120 Classic hanya 89 gram dan ini adalah yang teringan di kelas S60.
Tubuh ramping 6120 Classic nggak menghalangi untuk kelengkapan fiturnya. Berbekal OS Symbian versi 9.2 dengan User Interface S60 Third Edition Feature Pack 1, 6120 Classic jelas bukan handphone sembarangan apalagi dengan adanya prosesor ARM 11 369 Mhz yang akan mendongkrak kinerja handphone ini. Nokia juga membenamkan beberapa hardware agar 6120 Classic makin mumpuni sebagai smartphone. Paling mencolok adalah kehadiran teknologi 3G dan HSDPA (3,5 G). Laju download data bisa sampai 1,8 mbps dalam mode HSDPA. Untuk kelengkapan fasilitas 3G-nya, Nokia telah membenamkan juga dua kamera di 6120 Classic, belakang (utama) 2 Mpix dan di depan (video call) VGA. Cukuplah resolusi segini buat foto-foto dan merekam video. Software yang ada dalam handphone ini juga lengkap, ada Adobe Reader LE 1.5, Quick Office, de el el... Layar dari handphone ini adalah TFT 16.000.000 warna dengan resolusi 240 x 320 pixel. Untuk menyimpan data, 6120 Classic memiliki memori internal 35 MB dan adanya slot memori eksternal tipe MicroSD yang dalam paket penjualannya kita bisa mendapat MicroSD 256 MB.... Handphone ini bisa dibawa pulang dengan membayar sekitar 2,7 juta (harga resmi Nokia)... Lumayanlah nggak terlalu mahal bagi temen-temen yang pingin ganti handphone.... :-)

Tidak ada komentar: